Petunjuk Singkat tentang e-SPT PPh Pasal 21 Tahun 2014
Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Surat Pemberitahuan Masa PPh Pasal 21 akan mengalami perubahan format mulai 1 Januari 2014 sesuai dengan Per-14/PJ/2013 tanggal 18 April 2013.
Salah satu perubahan mendasar yang harus diantisipasi sejak dini yaitu, kewajiban menggunakan e-SPT PPh Pasal 21 untuk Wajib Pajak dengan kategori tertentu sebagai berikut :
-
Melakukan pemotongan PPh Pasal 21 atas pegawai tetap yang jumlahnya lebih dari 20 pegawai
-
Mengeluarkan bukti potong PPh Pasal 21 dan/atau PPh Pasal 26 yang tidak final lebih dari 20 dokumen
-
Mengeluarkan bukti potong PPh Pasal 21 final lebih dari 20 dokumen
-
Melakukan penyetoran SSP atau bukti Pbk lebih dari 20 dokumen
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dalam tulisan ini kami akan menguraikan tentang seluk beluk e-SPT PPh Pasal 21 Tahun 2014 yang telah kami uji coba dalam komputer kami (Windows7 dan Office 2010) beberapa hari yang lalu.
Instalasi Program
Software e-SPT PPh Pasal 21 dapat diperoleh dengan cara menghubungi KPP atau KP2KP terdekat dengan lokasi usaha Wajib Pajak, atau bisa didownload di situs http://www.pajak.go.id di sini. Patch Update e-SPT PPh Pasal 21 dapat diunduh di sini
Sebelum melakukan instalasi pastikan komputer yang Anda gunakan memenuhi spesifikasi sebagai berikut :
- Sistem Operasi berbasis Windows (min. 98)
- Microsoft Office Access
- Microsoft .NET Framework 4.0
- Crystal Report 12
- VGA Resolution min.1280×768
- Regional and Language Setting harus diatur pada negara Indonesia, default setting tidak diutak-atik
Setelah program e-SPT tersedia (biasanya terdiri dari 6 path total sebesar 226 MB), hal pertama yang dilakukan adalah melakukan ekstraksi program tersebut menjadi satu folder, yang akan berisi sebagai berikut :
Selanjutnya Anda harus menginstall Crystal Report for NET Framework 4.0, DotNetFX dan WIndowsInstaller 3.1 yang ada dalam folder tersebut. Setelah selesai maka Anda bisa melakukan instalasi dengan mengeklik Setup.
Ikuti prosesnya sampai langkah terakhir.
Apabila berhasil maka tampilan e-SPT PPh Pasal 21 Tahun 2014 adalah sebagai berikut :
- Pastikan komputer Anda memenuhi persyaratan spesifikasi yang ditentukan.
- Mengingat program ini masih baru, maka dimungkinkan akan ada update program di kemudian hari demi kesempurnaan program eSPT PPh Pasal 21.
- Perhatikan batas waktu pembayaran (tanggal 10 bulan berikutnya) dan batas waktu pelaporan (tanggal 20 bulan berikutnya) untuk menghindari sanksi administrasi perpajakan.
- Untuk Wajib Pajak yang tidak memenuhi kriteria tertentu masih diperbolehkan menggunakan formulir cetak (hardcopy) yang dapat diperoleh di sini
- Untuk Masa Pajak Desember, ada kewajiban pembuatan Formulir 1721 A1/A2 yang belum dijelaskan dalam uraian tersebut di atas.
Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan installasi dan pengisian eSPT PPh Pasal 21-26 Tahun 2014, berikut kami sediakan tautan atau link video tutorial yang kami peroleh dari twitter KPP Pratama Surabaya Tegal Sari di @KPP607. Semoga lebih membantu.
- Tutorial instalasi e-SPT —> https://t.co/KuX8l8uYNz
- Tutorial ubah database —> https://t.co/BrkRdgrnE0
- Tuorial isi profile WP —> https://t.co/U5r3o2Voju
- Tutorial membuat e-SPT baru –> https://t.co/FUVBTE9cEe
- Tutorial input pegawai tetap bulanan —> https://t.co/KaaHJIaAOl
- Tutorial input pegawai tidak tetap —> https://t.co/FahTLmkdzK
- Tutorial input pembayaran SSP — https://t.co/plEjRkt4n7
- Tutorial impor Bukti Potong pegawai tidak tetap —> https://t.co/Z1cgsUC5HP
- Tutorial input pemotongan PPh atas pegawai tidak tetap di bawah PTKP —> https://t.co/dITHQtxkvx
- Tutorial pencetakan SPT/Bukti Potong —> https://t.co/SmFvj4vcem
- Tutorial input SPT bulan Februari — https://t.co/UntjYa45XE
- Tutorial impor pemotongan PPh tidak Final bulan Februari dst —> https://t.co/IjcEYm89Mz
- Tutorial input SPT bulan Desember —> https://t.co/m62npW2tVP
Demikian tulisan ini, semoga bisa membantu Anda dalam melaksanakan kewajiban perpajakan demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Untuk pertanyaan atau kritik dan saran bisa melalui email kp2kppelaihari@gmail.com atau melalui twitter di @KP2KP_Pelaihari. Untuk pertanyaan yang sifatnya teknis dan butuh penelasan yang mendetail, Anda bisa langsung menghubungi AR di KPP tempat perusahaan Anda terdaftar.
Terima Kasih
Sigit Raharjo (KP2KP Pelaihari)
December 17, 2013 at 5:29 am
Mantep..mantep…om
December 17, 2013 at 2:16 pm
wuihhh… ahli eSPT bagi2 ngelmu…
January 8, 2014 at 8:00 pm
pa dimana saya bisa mendapatkan panduan lengkap pengisian espt 21? soalnya yg di dalam aplikasi tidak lengkap?? btw ini kpp pelaihari di kalsel kah?? tks sbelumnya
January 21, 2014 at 3:28 am
petunjuk pengisian ada dalam sofware aplikasinya. Benar, ini Pelaihari Kalimantan Selatan
February 25, 2014 at 5:28 am
GIMANA YA CARA ESPOR DATA BULAN JANUARI KE BULAN FEBRUARI ?
January 16, 2014 at 5:42 am
Kenapa pas mau login ke database tidak bisa ? Padahal sudah diisi “administrator” dan password 123. Thanks
January 21, 2014 at 3:28 am
Seharusnya bisa, karena sudah saya coba dan berhasil. Mungkin dicoba lagi
February 5, 2014 at 6:52 am
isi administratornya harus huruf kecil semua baru bisa
January 17, 2014 at 7:22 am
pas mau dicetak ada report crystal report form viewer”load report failed”?? itu knp iya pak?
January 21, 2014 at 3:29 am
File crystal report di folder software aplikasi diinstall dulu
February 13, 2014 at 10:09 pm
Sy jg mempuyai problem yg sama denga ibu nina tidak bisa cetak induk ssp cara instalya bagaimana terima kasih
January 22, 2014 at 12:04 am
Saya mau bertanya:
1. Bagaimana menginput daftar pegawai tetap di masa pajak berikutnya,yang kalau dimasukkan NPWP sudah langsung muncul namanya? Bisa tidak atau harus manual satu-satu?
2. Bagaimana cara mencetak form 1721-I? Saya coba ngprint, yang bisa diprint hanya induk SPT?
Terima kasih..
January 24, 2014 at 3:35 am
1. Bisa menggunakan impor file dengan file excel yang ada dalam program files
2. Untuk masalah ngeprint dulu memang ada masalah, selanjutnya anda harus install patch update-nya. Linknya sudah tersedia di atas
terima kasih
February 10, 2014 at 9:51 am
untuk jawaban no. 2, saya sudah update dgn patch yg tersedia namun masih gagal untuk print form 1721-I maupun 1721-IV.
Mohon petunjuk nya!
February 11, 2014 at 2:10 am
Coba lakukan instal ulang Crystal Reportnya, kalau masih ada masalah silakan hubungi AR di KPP tempat Anda terdaftar.
Terima kasih
January 23, 2014 at 5:36 am
bisa minta alamat gmailnya pak….. makasih
January 24, 2014 at 3:36 am
Iki Muh Ali Nuruddin ya ?
February 13, 2014 at 8:56 am
betul pak
January 24, 2014 at 2:44 am
Pak, apakah e-spt 2014 bisa multi database?.
January 24, 2014 at 3:36 am
Bisa. Anda bisa mengcopy file database kosong yang telah tersedia dalam folder program files/djp
terima kasih
January 24, 2014 at 7:59 am
Reblogged this on oukristin.
January 24, 2014 at 9:37 am
Untuk memasukkan NPWP nya kok tidak bisa ya,
January 27, 2014 at 4:06 am
Coba lagi, mungkin Anda salah saat memasukkan NPWP
January 24, 2014 at 12:21 pm
Menu referensi untuk apa ?
January 27, 2014 at 4:07 am
Referensi itu semacam petunjuk kode-kode dan daftar pegawai yang pernah diinput, untuk memudahkan pengisian
January 27, 2014 at 3:50 am
Bagaimana cara mengisi data Dewan pengawas yg tdk merangkap sbg peg.tetap?
January 27, 2014 at 4:09 am
Dewan pengawas yang tidak merangkap pegawai tetap bisa dimasukkan dalam Bukti Potong Tidak Final (1721-II) dengan Kode Objek Pajak 21-100-10
Terima kasih
January 27, 2014 at 7:55 am
bagaimana cr mengisi dasar pengenaan pajak ? trims
January 29, 2014 at 3:18 am
Dasar pengenaan pajak diisi dengan jumlah penghasilan bruto atau honor/upah yang dibayarkan kepada karyawan/tenaga ahli
August 29, 2014 at 8:20 am
sismon
mau tannya donk
yang dinamakan penghasilan bruto itu apakah sudah masuk semua tunjangan dan Bonus :
January 28, 2014 at 4:30 am
kalau kita salah memasukkan nomer npwp perusahaan kita caranya ganti gimana yah???
January 29, 2014 at 1:32 am
Bisa diedit di eSPT bagian profil, terus simpan
January 28, 2014 at 7:52 am
kalo untuk pegawai tetap, apakah harus sudah mempunyai NPWP pak..thx
January 29, 2014 at 1:33 am
Pegawai tetap boleh tidak mempunyai NPWP tapi dia kena tarif 20% lebih tinggi dari pegawai yang mempunyai NPWP
February 17, 2014 at 4:21 am
untuk pegawai tetap tidak punya npwp, pph yang terhutang otomatis menghitung 120% atau gimana pak?
February 21, 2014 at 4:01 am
untuk pegawai tetap, jumlah PPh-nya tidak otomatis, jadi berdasarkan perhitungan yg dibuat WP
January 28, 2014 at 11:14 am
saya install di komputer dengan 64bit, ada masalah pada saat mencetak, bagaimana solusinya?
January 29, 2014 at 1:34 am
Untuk yg komputer 64bit, Anda tetap harus menginstall CrystallReport untuk yg 32bit. Setelah itu mohon dilakukan patch update. Linknya sudah ada di bagian atas
January 29, 2014 at 3:56 am
apakah saya wajib menggunakan espt pph 21 padahal kan peg. tetap hanya 1 dan tdk tetap nya 84 org ?cara mengisi peg. tidak tetapnya bagai mana thx
February 4, 2014 at 2:46 am
Karena ada 84 pegawai tidak tetap yang wajib dibuat bukti potongnya maka wajib menggunakan aplikasi e-SPT ini. Bukti potong untuk pegawai tidak tetap bisa dibuat di bagian Isi SPT ->Daftar Bukti Potong.
February 21, 2014 at 4:25 am
kalau pegawai tetap ada 7 orang dan tidak tetap ada 17 orang, apakah wajib e-SPT 21 juga?
January 29, 2014 at 5:29 am
Program PPh 21 versi 2.0 tidak membawa kemudahan bagi penggunnya, pas sosialisasi bukanya memberitahu cara pengisian malah cara penginstallannya. ANEH
February 4, 2014 at 2:47 am
Mungkin untuk lebih jelasnya, Anda bisa minta bantuan AR Anda di KPP. Terima kasih
January 29, 2014 at 7:40 am
Mohon maaf pak…saya mau tanya, apa perbedaan secara teknis pelaporan pph 21 masa tahun sebelumnya dengan tahun 2014 (selain bentuk formulirnya yang berbeda) trmksh.
February 4, 2014 at 2:48 am
Teknis pelaporannya sama saja cuma untuk yang menggunakan eSPT wajib menyerahkan data csv-nya. Terima kasih
January 30, 2014 at 3:27 am
Mau tanya pak. pada saat input “bukti potong tidak final”, dan cara pembayaran “tidak bulanan”, kenapa “jumlah hari kerja” tidak bisa diisi dengan angka lebih dari “28”? Di isi 29, 30 atau 31, angkanya selalu kembali ke 28. Tetapi misal di isi dibawah 28, programnya bisa.
Terima kasih banyak sebelumnya
February 4, 2014 at 3:14 am
Maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini, dari programnya sudah disetting begitu. Nanti akan saya teruskan ke bagian IT di Kantor Pusat DJP. Terima kasih
February 4, 2014 at 3:28 pm
kalau lebih dari 28 hari berarti sudah dibayar dengan cara “bulanan”, 29/30/31 kan berarti sudah satu bulan. makanya sistem akan menolak cara pembayaran “tidak bulanan” jika harinya lebih dari 28.
February 11, 2014 at 1:43 am
Berdasarkan keterangan dari Programmer aplikasi ini nanti akan ada penyempurnaan
January 30, 2014 at 5:07 am
Pak,kalau pegawai tetap yang tidak mempunyai npwp tp kena ptkp,bagaimana cara
input nya,soalnya waktu sy masukan npwp tidak boleh kosong,mksh
February 4, 2014 at 3:13 am
NPWP diisi 00.000.000.0-xxx.000.
xxx diisi dengan kode kpp. Terima kasih
February 10, 2014 at 4:08 am
pak, kalau pegawai tdk tetap yg tdk mempunyai NPWP tp kena ptkp, bagaimana cara inputnya ?
terimakasih.
January 30, 2014 at 11:25 am
Tenye Pak.. saya ngisi penghasilan bruto kok potongan oajaknya kok masin 0, kenapa ? dan bagaimana cara mengatasinya, tks
February 4, 2014 at 3:12 am
Untuk pegawai tetap, pajaknya diisi manual berdasarkan perhitungan yg dilakukan WP. Terima kasih
January 31, 2014 at 2:51 am
Mau tanya Pak Sigit Raharjo
Saya sudah instal e-SPT PPH 21 2014, tapi begitu mau cetak aplikasi tidak bisa. program e-Spt PPH 21 2014 komputer minta closing program, kira kira apa masalahnya apa salah instal
February 4, 2014 at 3:08 am
coba lakukan patch update. SIlakan download di sini http://www.pajak.go.id/content/patch-e-spt-pph-pasal-21-versi-21
February 13, 2014 at 3:14 am
patch e-spt pph pasal 21 vversi 2.1 merubah format csv yg versi 2.0 ga?? Kalo merubah harus buat format csv baru lagi. Repot bgt. Padahal baru keluar.
February 21, 2014 at 4:02 am
Tidak mengubah
January 31, 2014 at 5:33 pm
GA BISA DI CETAK KENAPA TUH
SAYA PAKAI WIN 7 64
February 4, 2014 at 3:09 am
Coba install crystal report untuk 32 bit juga lalu lakukan patch update, linknya ada di komen sebelum ini. Terima kasih
February 3, 2014 at 9:50 am
Pak kalo laporan Pph21 tahun 2013 yang dilaporkan 2014 pake e-spt gimana caranya,
soale sdh laporan pake print hardcopy tidak di terima KPP mereka mau yg pake e-spt/csv
please let me know…thanks….
February 4, 2014 at 3:10 am
Untuk SPT tahun 2013 yang dilaporkan setelah tanggal 20 Januari 2014, maka wajib menggunakan aplikasi e-SPT jika syaratnya jumlah pegawai/bukti potong lebih dari 20
February 4, 2014 at 9:20 am
memang laporan kami telat dan kami siap bayar denda,
caranya, step by step gimana toong pak,
February 4, 2014 at 9:22 am
tolong pak
February 11, 2014 at 1:24 am
Step by stepnya sudah dijelaskan di blog ini. Sama saja tinggal pilih masa pajaknya dan untuk bikin 1721 A1-nya Anda bisa hubungi AR di KPP Anda terdaftar.
February 13, 2014 at 3:17 am
Langsung bulan desember aja masukan cs jika impor. Kalau tetap 1 tahun di rekap. Bs sharing ke faishal.abd@gmail.com.
February 13, 2014 at 3:43 am
maksudnya impor bulan desember aja untuk laporan bulanan. Untuk karyawan tetap baru impor setahun.
February 4, 2014 at 1:45 am
Pertanyaan saya kalo Belum wajib menggunakan E spt cara ngisinya gmana ya?Peg Tetap Cuma 6 Orang
Mohon Sarannya.
February 4, 2014 at 3:11 am
Menggunakan formulir biasa dan diisi secara manual. Terima kasih
February 4, 2014 at 2:24 am
Apakah SSP-nya pake manual atau SSP yg di eSPT? bgmn cara mencetak SSP yg di eSPT? Trimakasih
February 4, 2014 at 2:26 am
Apkh SSP-nya pake manual atau SSP yg ada di eSPT? Bgmn cara mencetak SSP yg ada di eSPT? trimakasih
February 4, 2014 at 3:11 am
SSP disi secara manual. Terima kasih
February 4, 2014 at 4:43 am
Pak, mau nanya, kalau punya pegawai tetap 25 orang, tapi yang di atas ptkp 5 orang, sisanya nihil.
Apakah lapornya tetap harus pakai e spt +csv atau boleh pakai manual saja?
Thx
February 4, 2014 at 4:51 am
Yang wajib adalah yang melakukan pemotongan PPh Pasal 21 atas pegawai tetap yang jumlahnya lebih dari 20 pegawai. Kalau di bawah PTKP otomatis tidak dilakukan pemotongan PPh Pasal 21.
Terima kasih
February 5, 2014 at 3:48 am
mau tanya pa, bagaimana cara isi E-SPT utk masa desember? thanks
February 11, 2014 at 1:46 am
Coba anda pelajari video tutrial berikut ini https://t.co/m62npW2tVP
February 5, 2014 at 6:31 am
Pak.
Saia mau tanya, untuk pegawai harian yg non npwp, apakah harus di input seperti pegawai tetap?
Saia sudah coba, tp tidak bisa.
Tolong y pak.
February 11, 2014 at 1:45 am
Pegawai harian diisi di bagian Daftar Bukti Potong Tidak Final. Terima kasih
February 5, 2014 at 8:39 am
saya mau tanya : Bagaimana cara untuk impor data karyawan dari excel ke espt pph ? mohon dibales thanks
February 11, 2014 at 1:47 am
Coba Anda lihat video tutorial ini https://t.co/plEjRkt4n7. Thanks
February 5, 2014 at 8:43 am
saya mencoba membuat bukti potong untuk karyawan tetap melalui menu :isi spt-> Daftar Pemotongan Pajak (1721-I)->Satu Masa Pajak->Tambah
akan tetapi nilai pajak yang dipotong tidak otomatis muncul seperti e spt pada versi sebelumnya, apakah memang demikian adanya pak?
apakah jika menggunakan skema import bukti potong hal serupa juga terjadi pak ? (maksudnya kita memang harus menghitung nilai pajak secara manual)
terima kasih
February 7, 2014 at 6:29 am
kalo u/ pegawai tetap tidak otomatis keluar angka harus d’isi dgn perhitungan WP sendiri..
kalo u/ pegawai tidak tetap langsung isi di >>Isi SPT>>Daftar Bukti Potong>>Tidak Final (1721-II)
February 11, 2014 at 1:48 am
Untuk pegawai tetap jumlah pajaknya memang harus diisi manual sesuai perhitungan yang dibuat WP.
Thanks
February 6, 2014 at 7:57 am
saya sudah menginstal eSPT 21 PPh v2.1 di Win 7 32bit
tapi ada tampilan
unhandled exception has occured in your application.
could not find a part of the path ‘D:\pajak\ . . .
mohon bantuannya gan
February 7, 2014 at 2:14 am
Install Net Frameworknya
December 29, 2015 at 3:15 am
bagaimana cara installnet frameworknya
February 7, 2014 at 2:15 am
Saya sudah Patch Versi 2.1 tapi menu cetak Form 1721-I dan 1721-II disebelah mana ya?
February 11, 2014 at 1:49 am
Di bagian kanan bawah.
Thanks
February 12, 2014 at 6:46 am
Maaf Pak…
Utk menu cetak formulir 1721-I dan 1721-II nya tidak ada..
Yang ada cuma cetak spt induk..
Apa ada kesalahan install..??
Thanks..
February 7, 2014 at 5:30 am
tanya pak, sy gagal import data csv utk daftar BP bulanannya.. edit CSV nya gagal terus. ada solusi nya ga pak? agar dapat melakukan cek n ricek thdp data yg diinput..
February 11, 2014 at 1:48 am
Coba dilihat video tutorial berikut : https://t.co/plEjRkt4n7
February 13, 2014 at 3:25 am
Buat excel dulu baru ke file csv. Untuk NPWP pake petik 1.
February 7, 2014 at 9:55 am
Apakah e-SPT ini bisa digunakan oleh lebih dari 1 profile? jika ya bagaimana caranya? jika tidak, bagaimana solusinya agar e-spt ini dapat melaporkan 2 SPT dari NPWP yang berbeda? terimakasih
February 11, 2014 at 1:41 am
Bisa. Anda bisa mencopy database kosong yang ada di folder Program Files/DJP/ESPT Masa 21-26 2014/db/db kosong. Terima kasih
February 7, 2014 at 1:53 pm
saya sudah download aplikasi v 2.1 telah diinstal, pas saya mau login malah muncul begini “tidak dapat membaca database. Download database Access Engine di http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=13255. mohon bantuannya yah. (note komputer saya versi windows 7 32 bit dan ms office 2007). makasih.
February 8, 2014 at 5:50 am
Ms office (database) anda tidak suport, harus di update dulu dialamt yang anda tulis diatas. pasti office anda di bawah offic3 2010
February 11, 2014 at 1:38 am
Benar, kemungkinan ada masalah di accesnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menghubungi AR di KPP Saudara terdaftar.
February 13, 2014 at 8:54 am
Agan coba install saja dari link itu. Saya coba dan berhasil.
Kelihatannya tidak harus install Microsoft Office Access, Engine nya saja sudah cukup.
Saya coba di Win XP
February 21, 2014 at 4:03 am
Betul, bisa dengan engine-nya saja
February 8, 2014 at 5:31 am
Pak, setelah mengisi administrator dan password, ditanya isi NPWP. setelah diisi NPWP ada pesan error NPWP harus 15 digit. Bagaimana solusinya pak?
February 8, 2014 at 8:36 am
Berbagi saja.saya juga seperti itu kemarin
.mungkin di setingan computer
cara:control panel // regional and Language//customize// coba digit grouping diganti..
semoga berhasil
February 11, 2014 at 1:28 am
Pastikan dulu NPWP yang Anda masukkan adalah benar dan lengkap 15 digit. Terima kasih
February 8, 2014 at 8:33 am
Bapak …
masih Bingung dengan cara cetak 1721 I dan 1721 II,,,,
harus darimana mulainya, sudah ke versi 2.1 ….
Bingung,,, Bingung
Terimakasih
February 11, 2014 at 1:29 am
Coba Anda lakukan install lagi Crystal Report dan settingan printernya. Jika masih bermasalah, silakan hubungi AR di KPP tempat Anda terdaftar. Terima kasih
February 10, 2014 at 6:18 am
terima kasih share ilmu nya.. saya mau tny sdkt detail.. jika karyawan nya banyak, ada ga uploader nya? karena makan waktu bgt klo harus input manual satu per satu. kl ada uploader nya, boleh di share juga.. makasih
February 10, 2014 at 6:30 am
oia pak.. data karyawan saya ini adlh karyawan asing yang perhitungannya menggunakan diem salary. ada uploader nya ga ya? thanks
February 11, 2014 at 1:27 am
Bisa dengan impor file. Coba dilihat video tutorial berikut : https://t.co/plEjRkt4n7
February 10, 2014 at 6:44 am
Sangat membantu sekali…thanks
February 11, 2014 at 1:26 am
Terima kasih
February 10, 2014 at 7:41 am
pak, kalau pegawai tdk tetap yg tdk mempunyai NPWP tp kena ptkp, bagaimana cara inputnya ?
terimakasih.
February 11, 2014 at 1:24 am
NPWP diisi 00.000.000.0-000.000
March 15, 2014 at 3:22 am
sudah diisi seperti itu malah keluar error NPWP Tidak boleh kosong itu bagaimana solusinya?
February 10, 2014 at 9:48 am
kalau tidak bisa mencetak SPT apakah bisa memakai Hardcopy manual untuk pelaporan SPT dan tetap memasukan data csv di flashdisk…
February 11, 2014 at 1:25 am
Kalau tidak bisa mencetak, coba Anda instal ulanga Crystal Reportnya dan lakukan patch update, atau lihat dulu settingan printernya. Thanks
February 11, 2014 at 6:26 am
Siang pak,
saya sdh sampai pengisian terakhir unt membuat pelaporan SPT, lah ada kesulitan dimana sy meng-input pembuatan CSV untuk pelaporan SPT, sy klik Januari Th. 2014 dan trakhir klik kolom cari itu tdk muncul2, maka sy tdk bsa input data ke pembuatan file CSV.
yang saya tanyakan apakah itu ada kaitannya di SPT sy yaitu SPT masa Januari Th. 2014 Pembetulan 1 itu tdk bsa d buat CSV nya? dan jk iya apa sy harus buat SPT Normalnya shgga ada ekspor-impor data yg sdh ada??
atau dikarenakan yg lainnya..
tolong jawabanya pak, terimaksih banyak..
selamat siang.
—Dhona.PT.LintasSaranaNusantara.Sby–
February 11, 2014 at 8:53 am
waktu bikin csv harusnya sudah muncul masa pajak yg akan dibuat csv di kotak di bawah “cari”.
February 11, 2014 at 10:36 am
Minta petunjuknya dong pak, saya sudah input smpe final sesuai petunjuk dalam e-spt ini, namun masih ada kendala. Espt yg mau dilaporin adalah Desember 2013. Tapi setelah save file ke PC malah bentuknya exell dan hasilnya berantakan, semacam kode program gitu, gak ngertilah apa maksudnya. Pernah staff saya bawa file itu ke KPP tp disana malah gak bisa dibuka. Ditunggu saranya yg paling jitu ya pak.
February 13, 2014 at 3:01 am
File csv (excel) yang muncul dalam aplikasi ini adalah file yg dienkrepsi, sehingga kalau dibuka hasilnya berantakan. File csv yang kita laporkan tidak boleh dibuka dan direname. Terima saja apa adanya.
Terima kasih
February 11, 2014 at 3:30 pm
Mohon petunjuk.
Pak, saya sudah install semua yang disarankan.
Akan tetapi untuk Form 1721-I tidak ada menu cetaknya !
Apakah memang tidak perlu dilampirkan Form tsb ?
Terima kasih.
February 13, 2014 at 2:52 am
Klo ga salah form 1721-I akan muncul jika input bulan desember untuk laporan tahunan.
February 13, 2014 at 3:00 am
Form 1721-I tidak perlu dicetak, untuk pelaporan cuku induknya dan file csv saja
Terima kasih
February 13, 2014 at 2:14 pm
Sebelumnya terima kasih atas penjelasan Bapak.
Tetapi sekarang muncul masalah baru.
Masalah tsb adalah Laporan Induk masa pajak Desember 2013 (belum terlapor karena cuaca buruk dan banjir). 😦
Permasalahannya adalah ketika saya mau cetak laporan induk Masa Des’ 2013, tetapi form induk tsb kosong.
Setelah tanya sana sini, jawaban nya adalah memang benar seperti itu alias SPT Induk untuk masa Des` 2013 dari sistem dikosongkan.
Apakah benar pernyataan tsb Pak ?
February 13, 2014 at 2:22 pm
Pak, Kalau Form 1721-I tidak perlu dicetak kenapa tanda centang muncul otomatis di Laporan induk yach ?
February 19, 2014 at 1:43 am
Tanda centang otomatis muncul karena itu yg akan dibaca oleh aplikasi loader di TPT.
Terima kasih
February 12, 2014 at 7:20 am
mohon informasi..
apakah untuk pelaporan SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 21 dan/ Pasal 26 mulai tahun 2014 untuk ukuran kertasnya ada ketentuan tersendiri? ataukah kita bebas cetak pakai ukuran kertas apapun.
terima kasih sebelumnya
February 13, 2014 at 2:59 am
Default setting kertasnya F4 agar sesuai dengan formulir harcopynya
Thank
February 12, 2014 at 8:19 am
mohon bantuan,
waktu saya input pgawai dgn npwp (nol) tidak diterima oleh sistem. Lalu ada pendapat dr Bpk harus pakai 00.000.000.0-xxx.000 (xxx=kode kpp) tp hanya bisa 1 pegawai Pak, selanjutnya tidak diperbolehkan lagi. Bgm solusinya Pak ? terima kasih
February 12, 2014 at 11:24 am
Pertanyaanku tempo hari juga gitu Mas Herry, jawabannya 00.000.000.0-000.000
February 12, 2014 at 12:56 pm
Lalu..bisa gak?
February 13, 2014 at 2:58 am
Karyawan yg tidak punya NPWP diisi 00.000.000.0-000.000
March 13, 2014 at 4:36 am
Gak Bisa pa, krn NPWP tidak boleh Nol katanya, jd hrs diisi apa ya kalo pegawai yang tidak mempunyai NPWP lebih dari 1 orang
February 13, 2014 at 2:35 am
Untuk mengisi Daftar pemotongan pajak ( 1721 I ) utk masa pajak bln berikutnya gmn? apa hrs ngentry manual satu persatu lg? trim’s
February 13, 2014 at 2:50 am
Bisa impor kalo pegawai’a banyak. Form untuk laporan otomatis akan muncul dan bs di print.
February 13, 2014 at 2:57 am
Benar pakai fasilitas impor saja, coba cek video tutorial di atas
February 13, 2014 at 5:47 am
Maaf Pak mau tanya, untuk pelaporan cukup SPT Induk saja kan? Jika Pegawainya hanya 3 orang apakah perlu pelaporan menggunakan csv
February 19, 2014 at 1:41 am
Kalau anda memakai aplikasi eSPT cukup induknya saja yg dicetak, tambah dengan file csv dan SSP jika ada. Apabila hanya 3 pegawai dan Anda menggunakan formulir biasa (bukan e-SPT) harus dilampirkan dengan bukti pemotongannya.
Terima kasih
February 13, 2014 at 8:49 am
Barusaja install ESPT yang baru di WIndows XP. Walah susah sekali, mungkin karena tidak ada readme sama sekali ya.
Setelah coba-coba, Alhamdulillah berhasil. Yang saya lakukan sbb:
– JANGAN langsung menjalankan setup, karena akan error pada waktu install Crystal Report
– Install satu-satu mulai dengan : Windows Installer 3.1
– Install WIC, jika tidak, maka akan error pada waktu install .Net 4, link : http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=32
– Install .Net4
– Install Crystal Report for .Net
– Install Access database engine (mohon dikoreksi jika salah, tidak harus install Microsoft Access, cukup engine nya saja). Link : http://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=13255#
– Install ESPT melalui setup.exe
February 14, 2014 at 4:47 am
pak, untuk pengisian form 1721 tidak final, klo semisal yang dibawah PTKP itu kita masukkan dalam format import bagaimana? jadi gak diketik manual di spt induk nya..
February 14, 2014 at 4:48 am
pak, untuk pengisian form 1721 tidak final, klo semisal yang dibawah PTKP itu kita masukkan dalam format import bagaimana? jadi gak diketik manual di spt induk nya.
February 19, 2014 at 1:40 am
Seharusnya bisa. Silakan dicoba dulu
Terima kasih
February 18, 2014 at 7:16 am
Tanya pak, kalau bulan desember jumlah ssp yg harus disetor bisa dilihat dimana ya? soalnya di video hanya mengisi untuk satu tahun penuh, sedangkan yg bulan desember belum disetor….sedangkan dari januari-november sudah setor
February 19, 2014 at 1:39 am
SSP Desember dilihat berdasarkan jumlah PPh 21 terutang dalam 1 tahun dikurangi yang telah disetor selama Januari-November.
Terima kasih
February 19, 2014 at 3:56 am
terima kasih pak atas penjelasannya.
Pada saat mau mencetak muncul error message sperti gambar berikut http://prntscr.com/2ttlt3
mohon dibantu penyelesaiannya.
Terima kasih
February 21, 2014 at 4:04 am
Error saat pencetakan biasanya berhubungan dengan instalasi crystal report, jika masih ada masalah lebih lanjut, bisa hubungi AR di KPP tempat bapak terdaftar, mungkin sekalian bawa laptopnya, insyaAllah akan dibantu dengan lebih jelas.
Terima kasih
February 18, 2014 at 9:09 am
terima kasih banyak pak,sangat membantu……..
February 19, 2014 at 1:39 am
sama-sama
February 19, 2014 at 2:07 am
pak, kalau install crystal report yang mana ya kan ada 2 : CRRuntime_32bit_13_0_7 atau CRRuntime_64bit_13_0_7, soalnya masalahnya saya juga tidak bisa cetak induk SPTnya.
Terimakasih.
February 19, 2014 at 5:28 am
Untuk komputer dgn 32bit pilih CRRuntime_32bit_13_0_7, untuk yg 64 bit install kedua-duanya
Terima kasih
February 19, 2014 at 7:41 am
maaf pak, mau bertanya lagi…, untuk masa Desember yang menggunakan aplikasi e-SPT apakah hanya formulir induk SPTnya + SSP jika ada + file CSV saja yang di lapor (formulir 1721-I satu tahun pajak dan satu masa pajak tidak)? mohon bantuannya, terima kasih.
February 19, 2014 at 4:17 am
saya sudah memasukkan no NPWP dan di cek berulang-ulang tetep tidak bisa log in, kenapa ya??
February 19, 2014 at 5:26 am
loginnya
username: administrator
password : 123
February 19, 2014 at 4:25 am
Pak mau tanya, Jika karyawan di bawah 20 org menggunakan SPT biasa, apakah harus dilampirin bukti potongnya? itu bukti potong yg formulir mana ya, jika iya?
February 19, 2014 at 5:27 am
Iya harus dilampirkan bukti potong di Form 1721-I
February 19, 2014 at 6:50 am
Terimakasih pak sangat membantu sekali…..
February 21, 2014 at 3:58 am
Sama-sama ya Pak
February 20, 2014 at 2:22 am
knp saya tidak bisa print formulir 1721 di windows 7 64bit ?
February 21, 2014 at 3:58 am
coba install juga crystall report untuk yg 32bit
February 20, 2014 at 5:19 am
pak, tanya doong..
kenapa pas impor (impor pajak bulanan) data dari csv file, gak bisa ter impor data ( 26 karyawan)?
ada konfirmasi : impor 0 record berhasil. 26 record gagal. lihat error log….dst.
mohon penjelasannya..
terimakasih
February 20, 2014 at 5:44 am
Kami juga mengalaminya. Probemnya mungkin terletak pada kesalahan pengunaan delimiter. Pastikan menggunakan titik koma. Ada contoh nya.
February 21, 2014 at 3:58 am
cek pengisian tabelnya, biasanya error pas waktu isi di bagian npwp. Untuk memudahkan di format cell, pilih custom, di bagian type ketik 000000000000000 (15 digit)
February 20, 2014 at 8:55 am
mohon ijin, share di twitter @KP2KP_MuaraEnim. Thanks
February 21, 2014 at 3:56 am
Silakan Pak
February 21, 2014 at 3:29 am
semoga pahala anda di lipat gandakan dan ilmu anda semakin bertambah
February 21, 2014 at 3:59 am
Aamiin Pak Rido
February 21, 2014 at 9:04 am
bagaimana cara print form 1721-I dan 1721-IV?
di KPP tempat saya laporan selain melaporkan softcopy jg harus melaporkan hardcopy beserta lampirannya lengkap.
apakah hal tersebut benar. karna konsep espt kan salah satunya agar lebih go green. jika begitu lebih baik pakai cara lama.
February 24, 2014 at 5:08 am
Berdasarkan PER-14/PJ/2013, untuk pelaporan yang menggunakan eSPT hanya perlu melampirkan Induk SPT, file csv dan SSP.
Terima kasih
February 24, 2014 at 8:49 am
bagaimana jika pegawai tetap yang tidak memiliki NPWP??
March 19, 2014 at 2:52 am
diisi aja 00.000.000-0.000
March 24, 2014 at 2:17 pm
perhitungannya tidak bisa 6% tapi 5% utk yg punya npwp saja pakk….bagaimana merubahnya….,,,
February 25, 2014 at 5:04 am
jumlah pph terhutang berbeda dengan spt masanya, kenapa y?
March 19, 2014 at 2:53 am
Mohon dicek lagi penghitungannya
February 27, 2014 at 8:23 am
Siang pak,
Mohon bantuannya, saya ingin membuat pembetulan SPT 21 masa jan-nov 2013. Data pembetulan yang akan di import jumlah penerima penghasilan, ph bruto dan pajak terutangnya lebih kecil, namun selalu gagal dan keluar error log – duplicate values. Bagaimana cara import data untuk pembetulan ini? Karena sepertinya data nama orang yang sudah diimport di SPT Normal, tidak bisa diimport di SPT Pembetulan (walah jumlah ph brutonya beda) ataupun nama org yang dihapus di SPT pembetulan, tapi masih muncul setelah proses import.
Thanks
March 19, 2014 at 2:54 am
Mohon hubungi AR di KPP Anda terdaftar, pertanyaan yang terlalu teknis sulit kami jawab.
Terima kasih
March 3, 2014 at 1:48 am
Assalamu’alaikum,
Mohon bantuan :
1. Pada tab referensi ada Entri Pegawai A2. Ini untuk data pegawai yang bagaimana
2. Di tempat kami ada beberapa karyawan yang belum memiliki NPWP. Apabila penghasilan mereka masih di-bawah PTKP (tidak ada PPh yang dipotong) apakah data mereka tetap harus di-entri? jika ya, dimana di-entrinya. Lalu untuk karyawan yang belum memiliki NPWP tapi penghasilannya lebih dari PTKP (ada PPh yang dipotong), dimana membuat bukti potongnya.
Terima kasih.
Erico
March 19, 2014 at 3:02 am
1. Tab itu tidak usah diisi Pak, biarkan saja
2. Utk pegawai tetap yg di bawah ptkp gak usah dibuat bukti potongnya. Pengisian bisa dilihat di komen sebelum ini.
March 11, 2014 at 2:57 am
Om mau tanya, ko pas di CSV > Pelaporan SPT gak keluar di pencarian..Saya klik Buat File CSV malah Error 😦
Mohon pencerahan nya OM 😦
March 19, 2014 at 3:03 am
Pilih dulu masa pajaknya. Terima kasih
March 12, 2014 at 5:07 am
Numpang nitip lapak oom,
Tool impor untuk e-SPT Masa PPh 21 2014
http://hijrasoft.blogspot.com/p/x2csv-pph21.html
March 19, 2014 at 3:03 am
Woke… terima kasih
March 12, 2014 at 7:53 am
Terimakasih om atas petunjuknya
tapi ada kendala yg saya hadapi “kenapa saat mau buat file CSV tidak bisa?”
March 19, 2014 at 3:03 am
Pilih dulu masa pajaknya
March 12, 2014 at 7:59 am
Mau tanya Pak, 1) Kalo lbih bayar tahun 2013 di kompensasikan ke Januari 2014, masih juga lebih bayar, sehingga minus, jadi pada saat buat file csv tidak bisa, bagaimana caranya ?. 2) Kalo pelaporan apa harus datang ke KPP ? karena lokasi jauh ?. Tks.
March 19, 2014 at 3:05 am
Lapor bisa lewat pos tercatat, jangan lupa cd csv-nya.
March 12, 2014 at 10:54 am
mau tanya pak, di kompi saya CRRuntime dan DotNetFX40 nya tidak bisa terinstal, sudah dicoba dua duanya, mohon solusi ? tks
March 19, 2014 at 3:05 am
Mungkin ada masalah di windowsnya. Coba hubungi AR di KPP Anda terdaftar
March 14, 2014 at 11:49 am
Mihon bantuan pa..untuk laporan februari 14 pas mau isi npwp pegawai tetap ko muncul pesan npwp tidak valid? Pdahal bulan januari 14 normal?
March 19, 2014 at 3:07 am
Cek lagi deh mas. Kalau menggunakan impor file coba formatnya disesuaikan.
March 15, 2014 at 2:19 am
mohon panduan’y pak, knpa pas saya mo isi no npwp di daftar pemotongan pajak – satu masa pajak, disitu tertulis NPWP TIDAK VALID..padahal pada bulan sebelum’y itu sdh oke semua. terima kasih
March 18, 2014 at 4:07 am
Pak. sya mw tanya, ketika sudah berhasil masuk login dengan administrator, kemudian suruh memasukan no NPWP, setelah memasukan muncul error. ” anda harus memasukan 15 digit no npwp” pdhl sudah bener nomornya, kira-kira apanya yg salah yah pak,
March 19, 2014 at 3:08 am
cek lagi nomor NPWP-nya, kalau masih gak bisa mungkin bisa menghubungi KPP terdekat, mungkin NPWP Anda belum divalidasi.
March 18, 2014 at 6:36 am
pak..setelah mengisi perincian pemotongan pph 21 cara melihat rekapitulasi pemotongan pph 21 dimana? dan cara ngeprintnya gimana?
March 19, 2014 at 3:11 am
Bisa dilihat di daftar pemotongan pak, memang tidak bisa dicetak
March 19, 2014 at 12:56 am
mau tanya pak, pas mau buat file csv nya keluar pesan error… kl di klick continyu katanya bisa.. di ignore jg msh ga bisa. gmn pak solusinya…
March 19, 2014 at 3:11 am
Pilih masa pajaknya dulu mas
March 23, 2014 at 7:05 pm
boleh tanya ya pak… klo guru PNS untuk membuat laporannya SATU MASA PAJAK atau SATU TAHUN PAJAK,,, mhon penjelasannya. trims
March 24, 2014 at 2:28 pm
Mohon Pencerahannya pa,,
untuk karyawan tidak tetap,tidak memiliki npwp…di isi kosong,,
masalahnya setelah NPWP Diisi kosong,NAMA,ALAMAT,,..dan di bawah itu ada keterangan kode untuk pegawai tidak tetap ,,
tidak memiliki npwp,,, tetapi tabnya tidak berfungsi untuk penggantian PERSENTASE kena pajak..
March 25, 2014 at 6:50 am
Mau tanya dong bagaimana cara masukin beberapa pegawai tetap yang belum mempunyai npwp tetapi diatas ptkp.
makasih
March 25, 2014 at 1:01 pm
Mau tanya pak, kenapa hasil inputan e-spt 1721-I Desember tahunan tidak muncul di e-spt induk pph pasal 21.
Terima kasih.
Salam,
Hadi
March 25, 2014 at 1:09 pm
Maksud saya e-spt 1721-I yang sudah di “simpan” tindak mucul di e-spt induk 1721. Kalau 1721-I yang bulanan bisa langsung muncul di SPT Induk 1721.
Terima kasih.
Salam,
Hadi
March 26, 2014 at 3:01 am
kalo pajak bumi dan bangunan bisa dilakukan pembayaran secara online juga?
April 4, 2014 at 4:16 am
Pak mau tanya, pada saat input bukti potong tidak final pas mau di save knp tidak bisa ya? Info nya : operatio must use an updateable query ( tidak dapat menyimpan bukti potong
April 7, 2014 at 4:45 am
Pa mohon bantuanya u/pajak tahunan desember di mana kita harus input data karyawan tetap dan karyawan tidak tetap.
Sebab di video yang Bapak upload kayanya kuarng lengkap/terpotong……..Thx sebelumnya
April 11, 2014 at 3:39 am
pak.. gimana ya buat loader (csv) karena sebelumnya saya mengerjakannya di excel lalu di copy data ke csv. tapi sering sekali terjadi kesalahan
April 14, 2014 at 4:06 am
Terdapat error pada gambar 1 sewaktu saya memilih daftar pemotongan pajak (1721-I) > Satu Masa Pajak.
error invalidArgument=Value Of “-1” is not valid for start,
error yang sama juga terjadi jika saya mau mengubah maupun menambahkan data baru di Satu Masa Pajak.
May 7, 2014 at 11:48 am
om espt yg file 6 nya corrupt tuh ,dari server pajak go id nya jg error ,kalo bisa minta dong om via email file espt nya
June 3, 2014 at 2:54 pm
Pak, mau tanya dg waktu saya mau patch up espt nya kok ga bisa yah? Jadi keluar error ketika mau save bukti pembayaran ssp? Harus diapakan lagi ya pak? Saya uda klik patch up smp berkali2 masih tetap sama aja, ga ada yg berubah. Tks
June 7, 2014 at 4:35 am
pak mau tanya , sebelumnya sy sudah mendaftar dgn NPWP perusahaan xx.xxx.xxx.x-541.000 , tp pada januari lalu pindah KPP shingga NPWP harus ganti jg . caranya gimana ya pak supaya bisa ganti menjadi xx.xxx.xxx.x-542.001 ?? apa harus instal ulang aplikasi pak ? Nuwun
June 10, 2014 at 12:04 pm
dari beberapa pasal ada yang salain pasal 21 ada gak gan
June 20, 2014 at 2:42 am
pak saya mau tanya, saya instal e-spt masa ver 2.1 di win 8 64 But, tetapi tidak bisa cetak SPT induk, solusinya gimana ya pak ?
September 10, 2014 at 6:52 am
pak, bagaimana kalau laporan bulananya telat dan tidak bisa di input lagi di program e-spt nya pak, tlng bantuannya pak
September 10, 2014 at 7:05 am
pak, bagaimana cara mengisi laporan di e-spt bulanan yang sudah terlambat masa laporan nya pak ? karena pas saya mau input data laporan pajak bulanan kmi, sudah tidak bisa karena sudah lewat masa laporan, bagaimana solusinya, terima kasih bantuannya pak
September 26, 2014 at 6:37 am
pak, saya mau tanya pada saat menyimpan laporan dalam bentuk csv untuk dilaporkan ke kpp yang muncul hanya deretan huruf-huruf aja. permasalahannya apa ea minta penjelasannya maksih pak. salam
October 6, 2014 at 12:48 am
Karyawan saya sekitar 450 an …saya menggunakan sistem impor data csv …setelah saya lakukan ternyata ada 2 karyawan yang nga bisa masuk dengan pesan NPWP tidak valid …akhirnya saya coba entri manual lewat ISI SPT …tetapi tetap sama setelah saya masukkan NPWP pesen tetap muncul NPWP tidak valid … padahal npwp tersebut sesuai dengan apa yang diterbitkan dari KPP …mohon pencerahannyaa ???
October 17, 2014 at 1:46 am
Pak, saya mau tanya untuk entry pegawai tidak tetap menggunakan e spt bagaimana ya pak? Terima kasih
October 23, 2014 at 3:50 pm
Numpang iklan. Apabila ada yang membutuhkan aplikasi penghitung PPh 21 keperluan pembuatan csv untuk di impor di e-spt (Murah). Bs hub. 081807098075 atau faishal.abd@gmail.com
November 4, 2014 at 4:21 am
pak mau bertanya pak. saya mau mengisi sip 1721 – I. kalau di kolom pph dipotong di isi Rp.0 keluar peringatan nya “bila pph dipotong sama dengan 0, masukan jumlah totalnya ke 1721-I bagian b” itu maksudnya apa ya pak?
February 15, 2016 at 7:08 am
iya saya juga.. tolong pencerahan 😦
November 10, 2014 at 2:01 pm
maaf saya mau tanya bagaimana cara nya memeperbaiki data yg sdh saya input di e spt yg sudah saya bayarkan dan total yg sdh saya bayarkan tsb trnyata salah…karena pd bulan agustus terjadi kelebihan bayar dan sdh sy laporkan pada bulan sept tp ktk saya melakukan ssp atau pembayaran bln okt tsb saya lupa memotong kelebihan bayar bln agustus tadi yg sdh saya laporkan…mohon pencerahannya …trima kasih 🙂
January 26, 2015 at 4:35 am
Maaf pak, untuk pajak sertifikasi guru apakah di input pada pph 21 final ?…kemudian ketika lapor ke kpp kenapa tidak d cantum kan nominal pajak final yg sudah di laporkan pada bukti penerimaan surat yg diberikanoleh kpp ?…mohon penjelasan nya, terima kasih
March 31, 2015 at 5:27 am
Yang muncul dalam bukti penerimaan surat memang sebesar nilai yang bukan final Pak. Terima kasih
March 9, 2015 at 12:48 pm
Maaf Pa waktu saya masukan NPWP perusahaan selalu eror padahal sudah 15 digit selalu komennya NPWP harus 15 digit
March 31, 2015 at 5:25 am
Kemungkinan NPWP yang bapak masukkan ada kesalahan, atau bisa jadi tidak valid sehingga tidak terbaca oleh system. Silakan Bapak menghubungi KPP terdekat untuk mengetahui berapa nomor NPWP yang benar.
Terima kasih.
March 16, 2015 at 9:54 am
mau tanya pak… saya gak bisa print spt pph21 muncul tulisan : espt2114 has stopped working,,, mohon solusinya pak, ?Tks
March 31, 2015 at 5:22 am
Solusi paling cepat, Anda datang saja ke KPP terdekat hubungi AR yang menangani perusahaan Anda. Terima kasih.
March 19, 2015 at 8:03 am
pak, apabila db e-spt pph 21 hilang bagaimana ya pak ? mohon bantuannya
March 31, 2015 at 5:21 am
DB e-spt adalah nyawa dari eSPT, Ibu. File ini harus dijaga bahkan kalau perlu dibuat back up di flashdisk atau komputer lain. Kalau hilang terpaksa harus input ulang dari awal. Atau kalau tidak, Anda bisa hubungi KPP terekat.
Terima kasih
August 25, 2015 at 7:20 am
maaf ni mau tanya..kenapa setiap menulis angka nol di program seperti…itu tidak bisa..contoh: ketika mengetik 4000 menjadi 4 saja . apakah ada pengaturan nya lagi atau gmana, mohon jawabannya,
Terima kasih
August 31, 2015 at 11:50 am
pak, may tanya kenapa pada saat melihat data SPT induk datanya kosong ya? padahal sebelum2nya bisa. sudah coba install ulang lagi tetap sama. mohon bantuannya pak
September 10, 2015 at 1:52 am
PPh 21 masa Agustus 2015 lebih bayar dan tidak bisa dibuat file CSV-nya.
Sudah diklik masa pajaknya, lalu pas mau di klik buat file csv malah muncul kotak warning :
“Unhandled exception has occured in your application.
If you click Continue … bla bla bla …
If you click Quit … bla bla bla …
input string was not in a correct format”
Tolong dibantu itu kenapa dan saya harus bagaimana ya Pak?
Thanks
September 17, 2015 at 2:35 am
Itu pk espt versi berapa, ya coba di update saja…
September 16, 2015 at 5:07 am
saya juga utk pmbayaran pph 21 trxt lebih bayar kmudian saya coba utk proses di espt21 utk proses plaporan csv tidak bisa disave karena error, yang bunyix “unhandled exception has occured in your application and bla bla bla,, yg intinya tidak bisa buat file CSV nya,, jadi harus bagaimana carax ???? Anyone help
September 17, 2015 at 2:36 am
coba diupdate esptnya bro….
April 6, 2016 at 3:34 am
pak saya mau tanya , untuk pengisian tukin bisa dilakukan di espt bagian yg mana ? terima kasih
April 13, 2016 at 9:04 am
Sore Pak, saya mau tanya jika pada saat input ke aplikasi dinyatakan bahwa kode kpp tidak valid, tapi yang dimasukkan sudah benar, itu seperti apa ya, Pak? Terima kasih.
May 4, 2016 at 6:37 am
Siang pak,saya mau tanya,saya import data ke espt 21 dan muncul 1 nomor npwp yg tdk valid kpp nya.. apa yg hrs sy lakukan? krn saya sdh minta karyawan tsb untuk mengecek nomor npwpnya ke kantor pajak,dan org pajak blg tdk ada masalah.. jadi apa solusi untuk kpp yang tdk valid ya pak? thank you pak
June 3, 2016 at 3:02 am
Ppak.. sya mau tanya saya sudah input semua karyawan pembayaran sam dengan database tetapi pada saat ingin membuat csv tidak bisa?? ada keterangan ada pp terthutang begitu? mhn bantuanya pak trimaksih…
November 19, 2017 at 3:38 am
terimakasih banyak. sangat membantu
May 11, 2018 at 9:27 am
pak mau tanya
Error inserting line number: 33. Exception: Jumlah PPh dipotong sama dengan 0, masukkan jumlah totalnya ke 1721-I bagian B.
arti erorlog ini apa ya?
March 5, 2020 at 6:37 am
saya juga ada kendala yg sama. Sudah ketemu solusi nya kah?
January 16, 2019 at 1:19 am
pak mau tanya
saya mau login espt tapi keterangan “Tidak Terdapat Acces Database Engine 2007 pada Komputer Anda”
saya sudah install Ms.Acces 2007 Tapi Tetap tidak bisa buka. Mohon Bantuannya. Terima kasih